Bagi anda yang ingin berwisata ke Dieng atau sekedar ingin mengunjungi Dieng, ada 2 jalur utama yang bisa kalian coba. yang pertama jalur via Wonosobo dan yang kedua jalur via Banjarnegara. Jalur via Wonosobo merupakan jalur yang sangat populer untuk dilewati, karena lebih dekat. dibawah ini akan saya jelaskan jalur menuju Dieng, baik via Wonosobo maupun Banjarnegara.

Anda yang datang dari arah Yogyakarta, perjalanan ke Dieng akan menempuh jarak sekitar 116 kilometer, dengan rute terdekat melalui jalur Magelang. Sementara bagi wisatawan yang bertolak dari kota Semarang, jarak yang ditempuh untuk sampai Dieng kurang lebih 98 kilometer, dengan rute terdekat melalui rute Ungaran-Ambarawa.

Baik wisatawan yang datang dari Semarang dan Yogyakarta akan bertemu di Secang, Magelang dan searah menuju Simpang Pasar Kertek, Wonosobo. Dari Pasar Kertek, tinggal ambil arah Kota Wonosobo hingga ke jalan lingkar Wonosobo dan mengikuti petunjuk arah ke utara hingga ke Dieng.

Meski kondisi medan menuju Dieng via Wonosobo cenderung menanjak dan berliku. Namun jalur inilah yang paling populer karena aksesnya yang lebih mudah dan halus.

Sementara bagi Anda yang datang dari arah Purwokerto, cobalah menggunakan jalur lain via Banjarnegara. Meskipun jalur ini cenderung lebih ekstrem, namun pembagian jalur diperlukan untuk menghindari penumpukan arus kendaraan di rute Wonosobo-Dieng. Jalur Karangkobar sendiri bisa ditempuh dari Alun-alun Banjarnegara menuju ke Utara atau masuk Jalan Sunan Gripit. Setelah itu, ikuti jalur utama Jalan Raya Petambakan hingga bertemu Simpang Banjarmangu. Dari sana ambil arah Karangkobar dan ikuti petunjuk jalan sampai ke Kecamatan Batur, Dieng.

Bagi Anda yang menggunakan moda transportasi umum, pastikan berhenti di Terminal Wonosobo. Di Terminal Wonosobo, banyak tersedia bus mikro yang setiap satu jam siap mengangkut penumpang hingga ke Dieng dengan ongkos kalau belum naik ya sekitar Rp 12.000. Tapi pastikan Anda datang sebelum sore, sebab trayek dari Terminal Wonosobo-Dieng mulai sulit dijumpai dari mulai pukul 17.00 WIB.

Jika anda datang pas acara DCF (Dieng Culture Festival), maka dijamin jalur Wonosobo Dieng bakalan padat kendaraan. Bahkan bisa macet berjam jam. kemacetan biasanya jika sudah memasuki daerah Setieng, Kejajar. dan tidak ada salahnya jika anda ke Dieng via Banjarnegara.